Kamis, 18 Mei 2017



Assalammuallaikum wr.wb


  Hai,Saya akan menjelaskan sedikit tentang jurusan yang saya pilih (Multimedia).Banyak pilihan dibidang multimedia. Ada Photoghraphy, Videography, Design, Web, dan masih banyak lagi. Jadi kita tinggal pilih sesuai kemampuan dan keinginan kita. Disini saya akan menjelaskan tentang peluang pekerjaan di Bidang Multimedia. Yuk simak bersama :D....

1. Animator
Animator adalah seorang seniman yang menciptakan berbagai ragam gambar yang akan membentuk ilusi seolah-olah bergerak pada saat ditayangkan dengan cepat yang disebut dengan frame. Animator dapat bekerja dalam berbagai bidang seperti flim, elevisi ,video game, dan internet.

2.Scriptwriter
Scriptwriter adalah seorang penulis naskah/penulis skenario.Penulis yang memiliki kemampuan dalam penulisan skenario, bertugas menulis skenario di media massa seperti film,acara televisi,komik atau permainan video.

3. Kameramen Kameramen atau juru kamera/ disingkat sebagai Jurkam ialah orang yang mengoperasikan kamera untuk merekam sebuah gambar film. Kameramen yang bertugas dalam Kapasitas di Proses pembuatan film disebut juga sebagai operator kamera.Kameramen bertangung jawab atas memelihara komposisi seluruh adegan atau bidikannya. Dalam pembuatan sebuah film naratif cameramen bertugas secara langsung dengan sang sutradara, Penata Fotografi, actor serta crew guna membuat keputusan teknis dan keatif.

4. Sutradara
Sutradara atau pembuat film adalah orang yang bertugas mengarahkan sebuah film sesuai dengan manuskrip, pembuat film juga digunakan untuk merujuk pada produser film. Manuskrip skenario digunakan untuk mengontrol aspek-aspek seni dan drama.

5. Web Programer
Web programmer adalah orang yang menulis kode/koder baik yang menguasai satu atau beberapa bidang program dan melakukan pekerjaannya dalam mengembangkan suatu website atau aplikasi internet berbasis web.

6. Photographer
Fotografer (photographer) atau juru foto adalah orang-orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya, dan umumnya memikirkan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus serta berusaha mengembangkan ilmunya. Banyak fotografer yang menggunakan kamera dan alatnya sebagai pekerjaan untuk mencari penghasilan, dan gambarnya akan dijual untuk cover majalah,cover calender,artikel.

7. Program Director
Pengarah acara adalah seseorang yang ditunjuk untuk bertangggung jawab secara teknis pelaksanaan produksi satu mata acara siaran . Jabatan sebagai program director ini dibawah seorang Executive Produser dan Produser.Program Director atau Pengarah Acara merupakan seseorang yang bertugas untuk mengintegrasi unsur-uunsur pendukung produksi dalam sebuah produksi program acara televisi dan bertanggung jawab terhadap aspek teknis maupun estetis serta mampu menterjemahkan sebuah gagasan atau naskah atau rundown sebuah program acara kedalam pelaksanaan produksi program siaran.

8. Illustrator
Ilustrator merupakan seniman yang berprofesi khusus dibidang seni rupa yakni umumnya sebagai pencipta atau penyedia gambar ilustrasi demi memperjelas maksud suatu tulisan tertentu atau demi membuat terlihat menarik tampilannya. Termasuk di dalamnya buku, novel majalah,koran,iklan, juga pulaposter. tiap ilustrator terkadang memiliki gaya berbeda dari sudut pandang penggambaran yang dihasilkan dalam karyanya, juga berbeda beda pula dari alat yang dipakainya, mulai dari dengan pensil,pulpen,spidol sampai perangkat komputer, atau bisa pula dengan mengkombinasikan sebagian alat itu bahkan juga semuanya.

9. Art Director
(Penata Artistik) Pengertian: Art director secara teknis adalah koordinator lapangan yang melaksanakan eksekusi atas semua rancangan desain tata artistik/gambar kerja yang menjadi tanggungjawab pekerjaan production designer.

10. Graphic Design
Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.

sekian penjelasan dari saya,semoga bermanfaat sampai jumpa lagi..

Wassalammuallaikum wr.wb

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Story - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -